People don't plan to fail, they just fail to plan


Kamis, 14 Mei 2009

Pengalaman Kerjaku....

Ada beberapa pengalaman kerja yang telah aku lalui.....tapi ada pengalaman yang sangat berarti....
Tahun 2002 aku bergabung dengan anak perusahaan Gramedia....yaitu PT.Global Lintas Media....global ini lebih spesifik ke stasionary-nya.....tapi ada juga toko bukunya dengan bendera Trimedia.
Aku sendiri pernah di tempatkan ke beberapa TB. Gramedia sebagai Supervisor Penjualan dan juga purchasing. Ada habit2 yang berbeda di masing2 TB. Gramedia....
  • TB Gramedia Mall Taman Anggrek......selama training aku di tempatkan disana.....habit yang tak pernah ketinggalan di Gramedia tiap pagi yaitu briefing pagi yang selalu diawali dengan doa, kemudian masukan dari masing2 counter, komplain pelanggan,trus diakhiri dengan mars dari masing2 TB Gramedia.
  • TB Gramedia ITC Cempaka Mas letaknya tepat di sebelah Carefour......baru beberapa lama di MTA aku kembali di mutasi ke lokasi ini....sungguh perjuangan berat karena disini masih tergolong baru dan lingkungan ITC masih sangat sepi......pemikiran2 mengenai program2, season2 yang dapat menarik minat pembeli.....ya goalsnya ya omzet2 juga. Aku cukup lama disini.....sebagai supervisor penjualan merangkap pembelian jadi double job ceritanya. Aku membawahi pramuniaga, administrasi, gudang dan juga data entry. Habit juga hampir sama...tiap pagi sebelum buka toko kita briefing pagi diawali dengan doa,n bla..bla...bla dan mars yang masih aku ingat gramedia will open you're mind, dst...don't forget gramedia cempaka mas. Dan dalam briefing tiap hari akan di selang-seling dengan bedah buku dijadwal untuk semua sampai office boy pun kebagian, jadi semua dipacu untuk maju deh pokoknya. Juga ada season kita harus bisa menjadi motivator.....juga buat semua tak ketinggalan....dan yang paling fun adalah setiap Sabtu kalo tidak salah kita masing2 counter diwajibkan untuk menyumbangkan pentas seni mau permainan, mau operet, mau baca puisi, mau drama pokoknya apa aja deh....yang penting fun.... Saat2 yang paling melelahkan adalah menjelang Tahun Ajaran Baru aduh super capek dan sibuk, juga pra stock opname n saat stop opnamenya kita dituntut nginap di toko rame2 sih jadi tetep asyik dan seru aja. Dan yang ga kalah capeknya kalo pas kita shift pagi, temen supervisor yang shift siang ga bisa masuk.....jadi lemburlah kita dari pagi sampe malam dan kita libur di hari selain Sabtu dan Minggu.
  • TB Gramedia Mall Kelapa Gading, setelah sekian lama di Cempaka Mas aku dimutasi lagi ke Gramedia KGD hampir sama habitnya.....tapi kalo Sabtu,Minggu dan hari libur luar biasa ramenya, kasir sampe panjang ngantrinya....mungkin pengaruh lokasi yang dekat dengan perumahan dan daya beli masyarakat yang berbeda. Namun disini cenderung konsumen agak rewel dan cenderung banyak complain.
  • Office One Mall Ambasador sekarang Trimedia....disini aku cuma purchasing aja lega jadi ga kena shift lagi...jadi masih bisa menikmati tanggal merah. Disini tiap pagi kita juga briefing bla...bla...bla dilanjutkan dengan mars. Disini kemudian petualanganku bersama gramedia usai seiring berakhirnya kontrak kerjaku...
Habit yang umum yang tak kalah serunya setiap akan buka toko kita berdiri menyambut tamu dan menyanyikan...' gramedia2 mengabdi dan berkarya wujudkan, tumbuhkan masyarkat membaca,gramedia2 nama yang terpercaya ....dst deh'
Juga di setiap hari kartini, ulang tahun jakarta dan hari ibu kita diwajibkan mengenakan bukan seragam namun pakaian daerah atau tepatnya kebaya u wanita dan batik u pria semua tanpa kecuali.
Sssst ini yang dinanti2 bonus kita terima saat ulang tahun kompas, ulang tahun Bpk Yakoeb Oetama waktu itu dan ada beberapa bonus lain...udah lupa.
Meskipun pengalaman ini tidak terlalu lama namun kesan, perasaan, persahabatan, kekeluargaan disini masih kuat melekat dan menjadi ajuan dalam langkah2ku selanjutnya.
Terimakasih Gramedia atas pembelajaranmu buat aku dan mungkin rekan2 yang juga sudah tidak berada di Gramedia lagi...tapi kita tetep keep contac.

1 komentar:

Yunanto Sanjoyo mengatakan...

Memang paling enak kalo punya istri kerja di toko buku, bisa baca buku sepuasnya sampe belekan. Apalagi aku emang hobi baca buku, buku apa aja. Ga perlu malu disini, berjam-jam cuma numpang baca buku, karena semua crew-nya pada kenal. Serasa punya perpustakaan pribadi gitu. Dulu waktu jemput di hari sabtu, aku bisa tahan dari siang sampe malam saat tutup toko di dalam toko. Pastinya udah hampir semua buku yang dijual jadi korbanku. Sayang sekali kesempatan itu sudah berlalu, mana harga buku-buku selangit....mau beli, mending beli beras.... Dulu sempet dapat banyak dapat buku gratisan.